Nusa Lembongan

Nusa Lembongan merupakan salah satu pulau kecil dari deretan tiga pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali, yakni Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Pulau Nusa Lembongan adalah yang terbaik dari kedua pulau yang lain. Nusa lembongan terdiri dari dua desa, yaitu Desa Lembongan dan Desa Jungutbatu. Pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Klungkung dan letaknya dipisahkan oleh Selat Badung dari pulau Bali. Meski hanya sebuah pulau kecil, Nusa Lembongan mampu menyuguhkan berbagai macam fasilitas rekreasi. Di pulau yang hampir berimpitan dengan Nusa Penida dan Nusa Ceningan itu kita akan disambut pantai berpasir putih dengan laut jernih dan berbagai jenis ikan berwarna-warni serta terumbu karang yang indah dan beraneka warna.
Kondisi lingkungan yang masih asri serta dilengkapi beberapa fasilitas, siap memanjakan Anda untuk menikmati keasrian Pulau ini. Seperti hotel, bungalow, restoran, tarif akomodsi yang ditawarkan juga beragam mulai dari Rp 200.000 sampai Rp 10.000.000, di Nusa Lembongan juga terdapat tempat pertunjukan kesenian, wisatawan juga bisa belajar langsung tentang kesenian yang berada di Nusa Lembongan, sampai objek wisata laut untuk menyelam dan menyaksikan keindahan terumbu karang di dalamnya juga dapat dijumpai di Nusa Lembongan. Untuk diving tarifnya Rp 400.000/jam untuk satu orang, sudah termasuk dive master yang siap menjaga anda selama melakukan aktifitas diving, sedangkan untuk senourkling tarifnya Rp 200.000/ perahu, untuk satu perahu maksimal berisi 7 orang.
Ada beberapa titik lokasi umum yang bisa dikunjungi di Nusa Lembongan, seperti perkampungan penduduk dan pasar kerajinan, di pasar kerajinan ini anda juga bisa belajar langsung tentang kerajinan-kerajinan yang ada di Nusa Lembongan. Ada juga beberapa resort yang tersedia di Nusa Lembongan. Di Nusa Lembongan juga terdapat perkampungan tempat pembudidayaan rumput laut. Sebagian besar penduduk di Nusa Lembongan adalah petani rumput laut dan sebagiannya lagi bekerja di sektor pariwisata. Jadi sewaktu kita mengunjungi Pulau Nusa Lembongan, Anda akan melihat banyak sekali rumput laut yang sedang dijemur. Selain itu, pulau yang dihuni sekitar 4.000 jiwa ini, memilik objek wisata yang terkenal, tebing laut yang menantang, rawa-rawa yang penuh misteri yang menarik minat pengunjung untuk datang, jika anda ingin menyusuri rawa-rawa yang ada di Nusa Lembongan anda bisa menyewa perahu kecil atau yang sering disebut dengan sampan, tarifnya juga sangat terjangkau yaitu Rp 150.000 untuk satu perahu sudah termasuk nakoda perahu, untuk mejaga keamanan satu perahu maximal berisi 5 orang dan banyak lagi yang menarik di Desa Lembongan seperti, Pantai-pantai yang menarik dan terkenal di Desa Lembongan antara lain; Pantai Tanjung Sanghyang, Dream Beach, Selagimpak, Selambung, Sunset Beach, Pemalikan, Lebaoh (pantai pusat rumput laut), di pantai-pantai ini anda bisa melakukan aktifitas seperit yang ada di pantai Kuta-Bali, karena banyak sekali fasilitas-fasilitas water sport yang di tawarkan di pantai-pantai ini. Tempat-tempat lain yang ramai dikunjungi wisatawan antara lain;, Goa Sarang Walet Batu Melawang, Art Shop Center Buanyaran, Rawa-rawa Pegadungan, Tempat Romantis Kolong Pandan Sunset Park, Rumah Bawah Tanah (Underground House) Gala-gala, disebut rumah bawah tanah karena di goa gala-gala, terdapat seperti kamar-kamar dan dapur.
Pulau Nusa Lembongan juga cukup populer bagi kalangan surfer atau peselancar. Bagi para penyelam, pemandangan terumbu karang di sekitar Pulau Nusa Lembongan begitu memukau. Anda juga dapat melakukan snorkeling dan diving di sini. Tersedia juga berbagai perlengkapan dan peralatan untuk melakukan kegiatan snorkeling dan diving atau menyelam yang dapat di sewa.
Untuk sampai ke sini, wisatawan dapat menggunakan perahu motor dari Pantai Sanur sekitar 2 jam berlayar menuju Jungutbatu di Nusa Lembongan atau menggunakan speed boat yang hanya membutuhkan waktu 30 menit. Sekarang sudah banyak speed boat yang berangkat tiap waktu seperti public sped boat yang berangkat 3 kali dalam sehari, untuk wisatawan local harga tiketnya hanya Rp 50.000,- sedangkan untuk wisatawan asing harganya Rp 175.000,- untuk sekali jalan, scoot fast cruises yang berangkat 4 kali dalam sehari, untuk wisatawan local harga tiketnya juga Rp 50.000 sedangkan untuk wisatawan asing Rp 350.000 untuk one way dan Rp 500.000 untuk return, dan lembongan fast cruise yang berangkat 5 kali dalam sehari, harga tiket untuk wisatawan local juga Rp 50.000 sedangkan untuk wisatawan asing Rp 300.000 untuk one way dan Rp 450.000 untuk return. Alternatif lain yaitu dari Pelabuhan Benoa sekitar 1,5 jam perjalanan. Dari Pelabuhan Benoa menuju kawasan wisata Nusa Lembongan yang kini menjadi andalan Bali itu, ada dua kapal pesiar yang siap mengantar yaitu Bounty Cruises dan Bali Hai Cruises yang berangkat dari Ponton. Tarif untuk Bounty Cruises adalah USD 60 yang sudah termasuk rekreasi dan makan siang, sedangkan tarif untuk Bali Hai Cruises adalah USD 70 sudah termasuk guide dan fasilitas-fasilitas lainnya juga makan siang.
Selanjutnya untuk menjelajah Pulau Nusa Lembongan melalui perjalanan darat sudah bisa digunakan fasilitas mobil yang bisa disewa dengan tarif terjangkau, yaitu Rp 350.000 untuk delapan jam termasuk sopir. Fasilitas transportasi darat di pulau tersebut sudah bisa dikatakan cukup baik karena jalannya sudah diaspal. Selama perjalanan menyusuri Pulau Nusa Lembongan, Anda dapat melihat rumah-rumah penduduk setempat dan tempat balai pertemuan di pulau ini. Tidak jarang pula ada wisatawan mancanegara yang mengendarai sepeda motor untuk menjelajahi pulau ini, karena untuk sangat mudah dan bnyak tempat-tempat untuk dapat menyewa sepeda motor dan tarifnya juga terjangkau, yaitu Rp 70.000 per hari. Anda dapat menyewa sepeda motor maupun sepeda di Jungutbatu untuk perjalanan mengelilingi dan menyelusuri Pulau Nusa Lembongan. (i wayan wisesa)

Explore posts in the same categories: Nusa lembongan, Objek Wisata

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a comment